Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang Selenggarakan Focus Group Discussion Bedah Dokumen Laporan Evaluasi Diri Akreditasi Program Studi

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) yang bertema "Bedah Dokumen Laporan Evaluasi Diri Akreditasi Program Studi". Kegiatan ini dilaksanakan di Pangeran Beach Hotel Padang pada hari ini, Kamis - Sabtu (4-6 Juni 2024).

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, diantaranya pimpinan fakultas,  dosen, staf administrasi, serta perwakilan mahasiswa dari empat program studi yang akan mengajukan reakreditasi maupun pengusulan akreditasi pertama, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tujuan utama dari FGD ini adalah untuk menelaah dokumen laporan evaluasi diri yang menjadi dokumen bagian penting dalam proses akreditasi program studi di lingkungan fakultas.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Yasmadi, M.Ag., mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting dilaksanakan karena meningkatkan jumlah Prodi yang memperoleh akreditasi Unggul merupakan cita-cita FTK UIN Imam Bonjol Padang. "Melalui kegiatan ini, kita dapat mengevaluasi secara komprehensif kinerja dan capaian program studi dalam rangka memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan oleh Lembaga Akreditas Mandiri Kependidikan" ujarnya.

Acara ini turut menghadirkan Prof. Dr. Darmansyah, M.Pd., sebagai salah satu narasumber utama. Beliau berbagi pengalaman dan wawasan terkait proses evaluasi diri yang menjadi kunci dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan di fakultas tersebut. Prof. Dr. Darmansyah, M.Pd juga membedah LED yang telah disususn oleh tim akreditasi prodi, menentukan sudah sejauh mana LED yang disusun memenuhi aspek-aspek penilaian pada matrik instrumen akreditasi program studi. 

Diharapkan dengan telah ditelaahnya dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED) dan adanya diskusi mendalam tentang persiapan untuk submit dokumen akreditasi, fakultas ini akan siap menghadapi proses akreditasi yang akan datang dengan keyakinan dan kesiapan yang tinggi. Langkah-langkah strategis yang dihasilkan dari FGD ini diharapkan dapat menguatkan posisi fakultas dalam mencapai standar yang ditetapkan, serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi seluruh mahasiswa di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.

Acara FGD "Bedah Dokumen Laporan Evaluasi Diri Akreditasi Program Studi" ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam upaya meningkatkan eksistensi dan reputasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang dalam kancah pendidikan tinggi di Indonesia.