Kursus mahir dasar (KMD) PGMI angkatan VI tahun 2022

Kursus mahir dasar pramuka merupakan agenda prodi PGMI setiap tahunnya, prodi PGMI telah bekerja sama dengan kwarda 03 Provinsi Sumatera Barat untuk mensukseskan terselenggaranya KMD.

Pada tahun 2022 ini penyelenggaraan KMD memasuki angkatan ke VI dengan jumlah peserta sebanyak 167 peserta, terdiri dari mahasiswa PGMI angkatan 2017, 2018 dan 2019. Berdasarkan jumlah tersebut, maka KMD tahun ini memiliki peserta terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tujuan dari pelaksanaan KMD ini untuk menyiapkan mahasiswa PGMI sebagai Pembina Pramuka di SD/MI. Disamping nantinya alumni PGMI disiapkan sebagai guru SD/MI, alumni PGMI juga disiapkan agar ahli menjadi pembina atau pelatih Pramuka di sekolah tempatnya mengabdi, hal ini disampaikan oleh ketua Prodi PGMI Dr. Misra, M.S.I. dalam acara pembukaan KMD 2022. Lebih lanjut Dr. Misra.M.S.I dalam sambutannya mengatakan lulusan prodi PGMI ini harus terampil dalam bidang pramuka, berakhlak mulia dan menerapkan nilai-nilai pramuka dalam kehidupan .

Pada pembukaan KMD PGMI yang ke VI dihadiri oleh Kapusdiklatda Kwarda Candrianto, ST, M. Pd serta kakak-kakak pelatih dari kwarda. Acara dibuka lansung oleh wakil dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. Sermal, M.Pd. turut hadir kasubag umum dan kepegawaian, kasubag perencanaan dan keuangan, kasubag akademik dan kemahasiswaan serta segenap dosen Prodi PGMI.

Kegiatan KMD Pramuka ini dilaksanakan selama 10 hari, 6 hari dilaksanakan di kampus dalam bentuk pendalaman teori yang dibagi dalam beberapa kelas, 4 hari berikutnya dilaksanakan praktek berkemah di Tiger Camp Lubuk Minturun. Pelaksanaan KMD ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cek suhu tubuh, cuci tangan dan menjaga jarak. Seperti kegiatan sebelum-sebelumnya akhir dari pelaksanaan KMD ini akan ditutup dengan upacara api unggun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.