MENUJU AKREDITASI UNGGUL, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN ADAKAN WORKSHOP RPS UNTUK DOSEN

Untuk menuju akreditasi unggul, maka RPS ( Rencana Program Semester) memegang peranan penting. Hal ini sejalan dengan Permendikbud no 3 tahun 2020 Pasal 12 ayat 1 tentang perencanaan mata kuliah disajikan atau istilah lain yang dalam statuta UIN imam Bonjol Padang disebut dengan istilah RPKS. Pada ayat 2 disebutkan RPS tersebut disusun dan dikembangkan  oleh dosen.

Mengingat pentingnya penyamaan persepsi dan persiapan  membuat RPS untuk menuju akreditasi unggul ini, maka  FTK mengadakan RPS untuk dosen .Workshop ini dilaksanakan dalam 2 angkatan dari tanggal 1-4 Nopember 2021 di grand Zuri hotel. Angkatan 1 diikuti oleh 65 dosen dengan bidang  ilmu serumpun. 

Dalam sambutannya, dekan fakultas tarbiyah dan keguruan Dr. Yasmadi MAg, setelah workshop ini, setiap dosen prodi harus menyerahkan RPS ini ke jurusan karena ukuran capaian pembelajaran ini adalah RPS.

Narasumber berasal dari UNP yaitu Prof .Dr. Darmansyah, S.T  M.pd  dengan materi pedoman penyusunan RPS perguruan tinggi berbasis OBE( outcome BAsed Education) dan ada juga Dr. Rusman , M.Pd dengan materi Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.

Para dosen sangat antusias dalam mengikuti even ini. Semoga  kegiatan ini menjadi langkah perbaikan mutu secara bertahap menuju FTK unggul yang melahirkan SDM yang unggul .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *