TBI FTK UIN Imam Bonjol Gelar Visiting Lecturer: Dorong Inovasi Pengajaran Bahasa Inggris berbasis Teknologi

Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN  Imam Bonjol Padang  menggelar Visiting lecture bertajuk Empowering Technology toward ELT Techniques and Strategies pada Senin (29/4). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Mansur Kampus II UIN Imam Bonjol Padan dan  diikuti oleh sejumlah dosen, mahasiswa Prodi TBI dan  tamu undangan pada.


Dalam sambutannya, Dr. Rahmawati, M.Ag  mengapresiasi kemajuan Prodi TBI yang telah mendapat predikat Unggul.  Lebih lanjut, Dr. Rahmawati, M.Ag menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. “Teknologi kini ada di depan kita, di tangan kita. Jangan berkutat dengan hal-hal konvensional, tetapi manfaatkanlah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran,” pesannya dengan tegas. Selaku Wakil Dekan II, Dr. Rahmawati, M.Ag juga menyampaikan bahwa kegiatan Visiting Lecture ini merupakan peluang baik bagi mahasisw akhususnya untuk mendapatkan wawasan baru tentang mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran bahasa Inggris, sehingga tercipta pembelaaran yang efektif. 


Ketua Prodi TBI, Hidayat Al Azmi, M.Pd, dalam sambutannya juga menyuarakan harapan agar para dosen menerapkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. “Kita berharap para dosen dapat memperkenalkan cara memanfaatkan teknologi ini untuk memperkuat teknik dan strategi pembelajaran,” ungkapnya. Maka melalui kegiatan Visiting Lecture ini para audiens diajak untuk memperdalam pengetahuan tentang integrasi teknologi dalam pembelajaran. Pada akhirnya kegiatan ini merupakan bentuk upaya kontiniu yang dilakuka prodi TBI untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya bidang pendidikan Bahasa Inggris.


Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Didin Nuruddin Hidayat, M.A., TESOL., Ph.D. dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam penyampaian materinya Prof. Didin menyatakan pentingnya teknologi dalam pembelajaran. 


Prodi TBI berkomitmen menghadirkan kegiatan serupa sebagai upaya peningkatan kompetensi sivitas akademika Prodi TBI khususnya dengan mengundang para ahli dan praktisi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait pemanfaatan teknologi dalam pendidikan.