Tingkatkan Skill Akademik, FTK UIN IB Padang Gelar Pelatihan Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Tingkat Akhir
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang sukses mengadakan pelatihan publikasi ilmiah untuk mahasiswa tingkat akhir. Kegiatan yang berlangsung dengan semangat akademik ini diikuti oleh 100 mahasiswa yang merupakan perwakilan dari setiap program studi di FTK.
Ketua Panitia, Dr. Jum Anidar, S.Ag., M.Pd., dalam sambutannya, menekankan pentingnya kemampuan publikasi ilmiah bagi mahasiswa. Ia berharap pelatihan ini dapat menjadi langkah awal mahasiswa untuk mengenal proses publikasi yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
Wakil Dekan III, Dr. Sermal, M.Pd., yang membuka kegiatan secara resmi, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta dan panitia. Beliau menegaskan bahwa publikasi ilmiah bukan hanya syarat akademik, tetapi juga kontribusi mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan. “Melalui kegiatan ini, saya berharap mahasiswa dapat memahami langkah-langkah publikasi dengan baik dan termotivasi untuk menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya.
Pelatihan menghadirkan dua narasumber dari UIN Salatiga yang ahli di bidangnya. Prof. Budiyono Santoso, M.Pd., menyampaikan materi Teknik Publikasi Ilmiah. Beliau menjelaskan langkah-langkah praktis dalam menulis artikel yang sesuai dengan standar jurnal ilmiah, mulai dari pemilihan topik, struktur artikel, hingga teknik menulis abstrak yang menarik. Dalam paparannya, Prof. Budiyono juga memberikan contoh-contoh nyata dari jurnal bereputasi.
Sesi kedua dibawakan oleh Dr. Erma Risfaula Kusumawati, M.Si., dengan tema Proses Publikasi Ilmiah. Beliau membahas secara mendetail alur penerbitan, mulai dari pengenalan sistem Open Journal System (OJS), pengiriman artikel, hingga proses revisi berdasarkan masukan dari editor dan reviewer. Narasumber juga memberikan tips untuk menghindari kesalahan umum yang sering menghambat proses publikasi.
Pelatihan berlangsung dalam suasana yang aktif dan penuh antusiasme. Para peserta tidak hanya mendengarkan paparan materi, tetapi juga aktif bertanya dan berdiskusi. Sesi tanya jawab menjadi momen yang menarik, di mana mahasiswa mengajukan berbagai pertanyaan seputar kendala yang mereka hadapi dalam penulisan dan pengiriman artikel ilmiah. Narasumber menjawab dengan lugas dan memberikan solusi praktis.
Selain itu, peserta juga diajak untuk mempraktikkan teknik menulis abstrak selama pelatihan. Hasil tulisan mereka langsung dikomentari oleh narasumber, memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan bermanfaat.
Dengan suasana yang penuh semangat, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam publikasi ilmiah serta memotivasi mereka untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.