Zona Integritas di Lingkungan PerguruanTinggi

Perbaikan citra lembaga negara dari label-label korupsi dan pelayanan public yang buruk menjadi satu concern bagi pemerintah Republik Indonesia. Hal tersebut juga dilecutkan dengan diturunkannya Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi baik itu ditingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta Permenpan No.52 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Di Lingkungan Instansi Pemerintah. Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.
Ketika proses tersebut telah dilakukan, maka masing masing Kementerian / Lembaga / Pemerintah Daerah akan mencapai setidaknya usaha untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih. Implementasi Peraturan Menteri Pendayaguanaan Aparatur Negara Nomer 60 Tahun 2012 ini merupakan wujud nyata membangun pilar-pilar kebangsaan demi terwujudnya Integritas Nasional.
FTK UIN Imam Bonjol Padang sebagai bagian dari instansi pemerintah tentunya, turut melaksanakan pembangunan Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Penilaian Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) bagi lingkungan kampus sangat membanggakan karena wujud implementasi kampus (WBK/WBBM). Hal ini dikarenakan korupsi di sektor pendidikan di berbagai level institusi pendidikan bukan merupakan hal baru. Kampus sebagai lembaga perguruan tinggi memang diakui memiliki karakteristik yang spesial, unik dan cenderung eksklusif dalam sistem tata kelolanya (Donina et al., 2015). Perguruan tinggi memegang peran utama sebagai moral force bagi terbentuknya bangsa. Perguruan tinggi merupakan contoh dari zona integritas dan dalam hal ini dengan ditunjuknya FTK UIN Imam Bonjol Padang ini harapannya mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik kepada mahasiswa atau pengguna layanan. Semua ini merupakan bentuk ikhtiar kita dalam melakukan perbaikan berkelanjutan di unit kerja FTK UIN Imam Bonjol Padang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.